SKL BIOLOGI SMA
2011-2012
NO.
|
STANDARD KOMPETENSI LULUSAN
|
INDIKATOR
|
1.
|
Memahami hakikat biologi
sebagai ilmu dan mendeskripsikan objek permasalahan biologi melalui metode
ilmiah.
|
Menjelaskan
objek dan permasalahan Biologi.
|
2.
|
Menjelaskan ciri-ciri makhluk hidup
dan klasifikasinya, peranan keanekaragaman hayati bagi kehidupan dan upaya
pelestariannya.
|
2.1. Mengidentifikasi
ciri-ciri organisme dari
kelompok protista / jamur.
2.2. Mengidentifikasi
peran virus/Archaebacteria
/Eubacteria bagi kehidupan manusia.
2.3. Menentukan
dasar pengelompokan mahluk
hidup.
2.4. Menjelaskan
tujuan dari upaya pelestarian
keanekaragaman hayati tertentu.
2.5. Mengidentifikasi
invertebrata berdasarkan
ciri-cirinya.
2.6. Mengidentifikasi
cara perkembangbiakan
invertebrata.
2.7. Mengidentifikasi
ciri-ciri kelompok hewan /
tumbuhan.
|
3.
|
Menganalisis hubungan antara
komponen ekosistem, perubahan materi dan energi serta peran manusia dalam
keseimbangan ekosistem.
|
3.1. Menganalisis
hubungan antar komponen
ekosistem.
3.2. Menjelaskan
aliran energi atau daur
biogeokimia.
3.3. Menjelaskan
keterkaitan antara kegiatan
manusia dengan masalah perubahan /
pencemaran lingkungan
|
4.
|
Menjelaskan struktur
dan fungsi sel serta mengaitkannya dengan struktur dan fungsi jaringan
|
4.1. Menjelaskan
struktur sel/komponen kimiawi
sel/proses yang terjadi pada sel.
4.2. Mengidentifikasi
struktur dan fungsi organel
sel tumbuhan / hewan.
4.3. Mengidentifikasi
jaringan tumbuhan / hewan
sesuai fungsinya.
|
5.
|
Menjelaskan struktur
dan fungsi sistem organ manusia serta kelainan/penyakit yang mungkin
terjadi pada organ
tersebut.
|
5.1. Menjelaskan
mekanisme gerak otot dan
tulang / sendi pada manusia.
5.2. Menjelaskan
sistem peredaran darah pada
manusia / gangguannya.
5.3. Menjelaskan
sistem pencernaan makanan
pada manusia / gangguannya.
5.4. Menjelaskan
sistem pernapasan pada
manusia / gangguannya.
5.5. Menjelaskan
sistem ekskresi pada manusia /
gangguannya.
5.6. Menjelaskan
sistem regulasi pada manusia.
5.7. Menjelaskan
sistem indera pada manusia.
5.8. Menjelaskan
sistem reproduksi manusia.
|
6.
|
Menjelaskan
faktor-faktor yang mempengaruhi proses pertumbuhan dan perkembangan yang
terjadi pada tumbuhan melalui hasil percobaan/pengamatan.
|
6.1. Menginterpretasi
hasil percobaan
pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan.
6.2. Menjelaskan
faktor-faktor yang
mempengaruhi pertumbuhan dan
perkembangan tumbuhan.
|
7.
|
Mendeskripsikan
proses metabolisme
pada rantai
karbohidrat dan kemosintesis.
|
7.1. Menjelaskan
ciri-ciri/cara kerja enzim dalam
proses metabolisme tubuh.
7.2. Menjelaskan
proses metabolisme
karbohidrat.
7.3. Menjelaskan
tahapan proses fotosintesis
pada tumbuhan.
7.4. Menjelaskan
proses kemosintesis
(respirasi anaerob).
|
8.
|
Memahami konsep
dasar hereditas, reproduksi sel, penerapan prisip-prinsip hereditas dan
peristiwa mutasi.
|
8.1. Menentukan
susunan nukleotida DNA, RNA,
atau kromosom.
8.2. Menjabarkan
proses sintesis protein.
8.3. Menjelaskan
tahap-tahap pembelahan
mitosis / meiosis / gametogenesis.
8.4. Menginterpretasikan
persilangan dengan
hukum Mendel.
8.5. Menginterpretasi
persilangan pada
penyimpangan semu hukum Mendel.
8.6. Mengidentifikasi
pewarisan cacat / penyakit
menurun pada manusia.
8.7. Mengidentifikasi
peristiwa mutasi.
|
9.
|
Menjelaskan teori
evolusi dan implikasi pada perkembangan sains.
|
9.1. Menjelaskan
teori asal-usul kehidupan dan
pembuktiannya.
9.2. Menjelaskan
prinsip-prinsip penting pada
mekanisme evolusi.
|
10.
|
Menjelaskan
prinsip-prinsip dan peranan bioteknologi pada salingtemas.
|
10.1. Menjelaskan
peran bioteknologi.
10.2. Menjelaskan
contoh bioteknologi
konvensional / modern.
10.3. Menjelaskan
dampak bioteknologi bagi
masyarakat dan lingkungan.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar