Kamis, 05 Januari 2012

SKL BIO SMA 2011-2012

SKL BIOLOGI SMA 2011-2012



NO.
STANDARD  KOMPETENSI  LULUSAN
INDIKATOR
1.
Memahami hakikat biologi sebagai ilmu dan mendeskripsikan objek permasalahan biologi melalui metode ilmiah.
Menjelaskan objek dan permasalahan Biologi.

2.
Menjelaskan ciri-ciri makhluk hidup dan klasifikasinya, peranan keanekaragaman hayati bagi kehidupan dan upaya pelestariannya.
2.1. Mengidentifikasi ciri-ciri organisme dari  
       kelompok protista / jamur.
2.2. Mengidentifikasi peran virus/Archaebacteria 
       /Eubacteria bagi kehidupan manusia.
2.3. Menentukan dasar pengelompokan mahluk 
       hidup.
2.4. Menjelaskan tujuan dari upaya pelestarian 
       keanekaragaman hayati tertentu.
2.5. Mengidentifikasi invertebrata berdasarkan 
       ciri-cirinya.
2.6. Mengidentifikasi cara perkembangbiakan 
       invertebrata.
2.7. Mengidentifikasi ciri-ciri kelompok hewan / 
       tumbuhan.
3.
Menganalisis hubungan antara komponen ekosistem, perubahan materi dan energi serta peran manusia dalam keseimbangan ekosistem.
3.1. Menganalisis hubungan antar komponen 
       ekosistem.
3.2. Menjelaskan aliran energi atau daur 
       biogeokimia.
3.3. Menjelaskan keterkaitan antara kegiatan 
       manusia dengan masalah perubahan /
       pencemaran lingkungan
4.
Menjelaskan struktur dan fungsi sel serta mengaitkannya dengan struktur dan fungsi jaringan
4.1. Menjelaskan struktur sel/komponen kimiawi 
       sel/proses yang terjadi pada sel.
4.2. Mengidentifikasi struktur dan fungsi organel 
       sel tumbuhan / hewan.
4.3. Mengidentifikasi jaringan tumbuhan / hewan 
       sesuai fungsinya.
5.
Menjelaskan struktur dan fungsi sistem organ manusia serta kelainan/penyakit yang mungkin
terjadi pada organ tersebut.
5.1. Menjelaskan mekanisme gerak otot dan 
       tulang / sendi pada manusia.
5.2. Menjelaskan sistem peredaran darah pada 
       manusia / gangguannya.
5.3. Menjelaskan sistem pencernaan makanan 
       pada manusia / gangguannya.
5.4. Menjelaskan sistem pernapasan pada 
       manusia / gangguannya.
5.5. Menjelaskan sistem ekskresi pada manusia / 
       gangguannya.
5.6. Menjelaskan sistem regulasi pada manusia.
5.7. Menjelaskan sistem indera pada manusia.
5.8. Menjelaskan sistem reproduksi manusia.
6.
Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi proses pertumbuhan dan perkembangan yang terjadi pada tumbuhan melalui hasil percobaan/pengamatan.
6.1. Menginterpretasi hasil percobaan 
       pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan.
6.2. Menjelaskan faktor-faktor yang 
       mempengaruhi pertumbuhan dan 
       perkembangan tumbuhan.
7.
Mendeskripsikan proses metabolisme
pada rantai karbohidrat dan kemosintesis.
7.1. Menjelaskan ciri-ciri/cara kerja enzim dalam 
       proses metabolisme tubuh.
7.2. Menjelaskan proses metabolisme 
       karbohidrat.
7.3. Menjelaskan tahapan proses fotosintesis 
       pada tumbuhan.
7.4. Menjelaskan proses kemosintesis     
       (respirasi anaerob).
8.
Memahami konsep dasar hereditas, reproduksi sel, penerapan prisip-prinsip hereditas dan peristiwa mutasi.
8.1. Menentukan susunan nukleotida DNA, RNA, 
       atau kromosom.
8.2. Menjabarkan proses sintesis protein.
8.3. Menjelaskan tahap-tahap pembelahan 
       mitosis / meiosis / gametogenesis.
8.4. Menginterpretasikan persilangan dengan 
       hukum Mendel.
8.5. Menginterpretasi persilangan pada 
       penyimpangan semu hukum Mendel.
8.6. Mengidentifikasi pewarisan cacat / penyakit 
       menurun pada manusia.
8.7. Mengidentifikasi peristiwa mutasi.
9.
Menjelaskan teori evolusi dan implikasi pada perkembangan sains.
9.1. Menjelaskan teori asal-usul kehidupan dan 
       pembuktiannya.
9.2. Menjelaskan prinsip-prinsip penting pada 
       mekanisme evolusi.
10.
Menjelaskan prinsip-prinsip dan peranan bioteknologi pada salingtemas.
10.1. Menjelaskan peran bioteknologi.
10.2. Menjelaskan contoh bioteknologi 
         konvensional / modern.
10.3. Menjelaskan dampak bioteknologi bagi 
         masyarakat dan lingkungan.















Tidak ada komentar:

Posting Komentar