Sabtu, 14 April 2012

MANTAP-2 BIO UN 2012


PILIHAN BERGANDA
Silakan mencoba menjawab sebelum dibahas oleh gurumu, untuk melatih kemampuan dirimu ! SELAMAT MENCOBA.
KELAS X
1.     Hubungan yang tepat antara objek biologi dan permasalahannya adalah ....
OBJEK BIOLOGI
PERMASALAHAN BIOLOGI
A.    Sel
Dari hasil pemeriksaan di laboratorium darah Pak Amin teridentifikasi  kadar glukosanya tinggi
B.    Populasi
Mengembalikan fungsi hutan sebagai tempat menyimpan cadangan air melalui aktivitas  reboisasi setelah terjadi kebakaran hebat
C.     Jaringan
Setelah seminggu terjemur matahari kulit menjadi berwarna kehitaman, bersisik dan mengelupas
D.    Organ
Mewabahnya penyakit kaki dan mulut pada  hewan ternak di pulau Madura
E.      ekosistem
Tumpahan minyak dari kapal tanker merusak perikehidupan di lautan selat Malaka
2.     Sekelompok siswa SMA sedang melakukan pengamatan mikroskopis dari setetes air sawah. Ditemukan organisme yang diamati memiliki ciri-ciri, seperti :
-    bentuknya tetap (morfologi)
-    tidak memiliki dinding sel
-    bergerak dengan bulu getar
-    tubuh bersel satu (uniseluler)
Berdasarkan ciri-ciri di atas, organisme yang ditemukan adalah tergolong Protista dari kelas ....
A.       Flagellata                              D. Cilliata
B.       Sporozoa                               E. Mastigophora
C.       Rhizopoda
3.     Beberapa jenis penyakit dapat ditularkan oleh virus atau bakteri. Manakah pernyataan berikut yang benar?

PENYAKIT
KELOMPOK
SPECIES
A.
ebola
virus
Pasteurella pestis
B.
TBC
bakteri
Diplococcus pneumonia
C.
tetanus
virus
Clostridium tetani
D.
sifilis
bakteri
Treponema pallidum
E.
tipus
virus
Salmonella thyposa
4.     Kelompok hewan di bawah ini termasuk keanekaragaan jenis dalam satu genus adalah ....
A.       Kucing, anjing
B.       Kucing, harimau
C.       Harimau, anjing
D.       Anjing, kerbau
E.        Kerbau, sapi
5.     Pelestarian Badak di Ujung Kulon, Bunga Raflesia di hutan Bukit Barisan Bengkulu secara in-situ bertujuan untuk ....
A.       melestarikan sumber daya alam hayati di habitat
        aslinya
B.       melestarikan sumber daya alam hayati di luar
        habitatnya
C.       melindungi habitat dan makhluk hidup yang
        menempatinya
D.       memberikan suaka terhadap alam yang berciri khas
        flora, fauna dan ekosistem apa adanya
E.        menghimpun jenis-jenis flora-fauna dari berbagai     
        tepat untuk dilestarikan
6.     Cacing pita termasuk dalam kelompok Cestoda. Cacing ini bersifat endoparasit dalam saluran pencernaan vertebrata. Urutan dari fase-fase yang dialami cacing pita setelah dari telur adalah ….
A.     onkosfer-sistiserkus-cacing pita dewasa
B.     sistiserkus-onkosfer-cacing pita dewasa
C.     cacing pita muda-onkosfer-sistiserkus-cacing pita dewasa
D.    sistiserkus-onkosfer-cacing pita muda-cacing pita dewasa
E.     onkosfer-cacing pita muda-sistiserkus-cacing pita dewasa 
7.     Perhatikan daur hidup Aurelia sp (ubur-ubur)!
 
Dari gambar di atas fase reproduksi generatif adalah yang
        berlabel ....
        A.  1         B.  2         C.  3         D.  4         E.  5
8.     Perhatikan hewan-hewan dari tingkatan kelas di bawah ini !
Belalang
(Insecta)
Lipan
(Myriapoda)
Lala-laba
(Arachnida)
Udang
(Crustacea)
Ke-empat hewan diatas  digolongkan kedalam satu filum yang sama, karena ....
A.       tidak memiliki tulang belakang
B.       pola tubuh simetris bilateral
C.       memiliki kaki yang beruas-ruas
D.       tubuh tersusun atas tiga bagian
E.        jumlah antena satu pasang
9.     Ditemukan suatu organisme dengan ciri-ciri :
            1.     tubuh memiliki sisik
            2.     rangka tersusun oleh endoskeleton
            3.     bertulang belakang
            4.     bernapas dengan paru-paru
            5.     tipe reproduksi ovipar
Di dalam klasifikasi mahluk hidup, organisme yang memiliki ciri-ciri seperti di atas termasuk kedalam kelas ….
A.     Chondrichthyes                   D. Aves
B.     Amphibia                              E. Mammalia
C.     Reptilia
10.

Secara berturut-turut nomor 1-2-3 dari skema di atas adalah ….
A.     prothalium – spermatozoid – tumbuhan lumut
B.     protonema – spermatozoid – sporogonium
C.     protonema – ovum – tumbuhan lumut
D.    prothalium – ovum – sporogonium
E.     prothalium – spermatozoid – sporogonium
                                  
11.  Gambar di samping menunjukkan
pembuahan ganda tumbuhan
dari kelas Dikotil.
Embrio yang  terbentuk dalam
proses perkembangbiakan
terjadi melalui peleburan
antara nomor ….
A.     1 dan 2           D.   2 dan 5
B.     1 dan 3           E.    3 dan 5
C.     1 dan 4
12.  Pengelompokan organisme dapat didasarkan atas keanekaragaman tingkat gen dan keanekaragaman tingkat species. Tanaman di bawah yang menunjukkan keanekaragaman tingkat gen adalah ….
A.     melon, mentimun, semangka
B.     sirsak, srikaya, mangga
C.     jahe, temu ireng, temu lawak
D.    bunga mawar, bunga melati, bunga kenanga
E.     kelapa gading, kepala hibrid, kelapa hijau                        
13.  Seorang peneliti tumbuhan melakukan survey lapangan untuk mengenali berbagai tumbuhan yang hidup di suatu tempat. Ia mengumpulkan spesimen tumbuhan yang ada dan memasukkannya ke dalam 4 kantong yang diberi nama pohon, semak, perdu dan herba. Kegiatan seperti ini dapat dianggap klasifikasi sistem ….
A.       Buatan                                   D. Buatan dan alami
B.       Alami                                     E. Alami dan filogenik
C.       Filogenik
14.  Perhatikan hewan-hewan pada gambar di bawah ini !
               
 Berdasarkan jenis makanannya, hewan di atas mempunyai kekerabatan yang dekat, yaitu ketiganya termasuk ordo ….
A. Rodentia                                       D.    Primata
B. Monotremata                               E.     Carnivora
C. Marsupialia
                               
15.  Di bidang pertanian, tanaman petai cina sangat bermanfaat pada daerah tandus karena dapat berperan sebagai ….
A.       sumber karbohidrat       D. pemasok bahan pengurai
B.       sumber protein               E. pemasok nitrat
C.       bahan antibiotik                     
16.  Perhatikan daur pospor di bawah ini ! 
               
Proses yang terjadi pada bagian yang bertanda X adalah,
A.       mengambil unsur pospor dari lingkungan dalam
bentuk pospat anorganik
B.       mengubah pospat organik dari sisa organisme
menjadi pospat anorganik
C.       melepaskan pospor ke atmosfer hasil penguraian
pospat anorganik
D.       mengikat pospat anorganik dan menyediakannya
bagi tumbuhan
E.        pembentukan pospat organik dari unsur-unsur
pospat  
17.  Perhatikan daur hidrologi di bawah ini !
 Bila X  terbakar habis, dampak yang terjadi adalah ....
A.       bertambah besarnya aliran air
B.       mengurangi aliran air
C.       bertambah besar daya serap humus
D.       bertambah besarnya proses evapotransportasi
E.        tidak mempengaruhi persediaan air di hutan         
18.  Hutan yang dijadikan areal industri akan mengakibatkan terganggunya keseimbangan mahluk hidup yang antara lain ditunjukkan oleh ....
A.     hilangnya humus tanah
B.     berkurangnya sumber air
C.     hilangnya keanekaragaman
D.    menurunnya kesuburan tanah
E.     berkurangnya sumber oksigen
19.  Perhatikan gambar jaring-jaring makanan di bawah ini !
         
  Organisme yang berada pada tingkat trofi kedua adalah,
A.     kelinci dan ulat                   D. laba-laba dan burung
B.     elang dan laba-laba           E. serangga dan burung
C.     elang dan burung
20.  Kelompok jamur yang menguntungkan bagi manusia antara lain ....
A.       Phytium sp, Phytophthora infestans,
Aspergillus  fumigatus
B.       Epidermophyton floocoscem, Ustilago maydis,   
Saprolegnia
C.       Saprolegnia, Aspergillus flavus, Aspergillus  fumigatus
D.       Ustilago maydis, Aspergillus flavus,
Penicillium camemberti
E.        Volvariella volvacea, Auricularia polytricha,  
Aspergillus oryzae                                  
21.  Dari hasil pengamatan air kolam di bawah mikroskop ditemukan Protozoa di bawah ini !
         Berdasarkan ciri-cirinya, Protozoa 1, 2 dan 3 secara berurutan termasuk kelas ....
A.       Ciliata, Rhizopoda dan Flagellata
B.       Rhizopoda, Flagellata dan Ciliata
C.       Rhizopoda, Ciliata dan Flagellata
D.       Flagellata, Rhizopoda dan Ciliata
E.        Sporozoa, Ciliata dan Flagellata
KELAS XI
22.  Perhatikan gambar membran sel di samping !
         Molekul glikolipid dan glikoprotein secara berurutan ditunjukkan oleh ....
        A.    1 dan 2                                   D.    3 dan 5
        B.    2 dan 3                                   E.     4 dan 6                         
        C.    3 dan 4      
23.  Perhatikan gambar struktur sel hewan di bawah ini !
        Organel sel X dan Y secara berurutan berfungsi untuk ....
        A.    respirasi sel dan metabolisme
        B.    sintesis protein dan pembelahan sel
        C.    metabolisme sel dan sintesis protein
        D.    respirasi sel dan pembelahan sel
        E.     transportasi sel dan sintesis protei
24.  Di bawah ini adalah gambar penampang batang dikotil !.
Bagian yang berfungsi sebagai pembuluh yang dilalui air maupun unsur hara dari dalam tanah serta membawa amilum adalah nomor ....
A. 1  dan 3                     C. 3  dan 4             E. 5 dan 2
B. 2  dan 5                     D. 4   dan 5  
25.  Hubungan antar tulang yang terdapat pada pangkal lengan adalah ....
A.     sendi putar                           D. sendi pelana
B.     sendi peluru                         E. sendi engsel
C.     sendi geser                    
26.  Perhatikan gambar jantung di bawah ini !
        Dari tabel di bawah ini yang menyatakan fungsi X dan Y dari gambar di atas adalah ....

FUNGSI  X
FUNGSI  Y
A.
Menerima darah dari seluruh tubuh
Memompa darah ke seluruh tubuh
B.
Memompa darah ke seluruh tubuh
Menerima darah dari paru-paru
C.
Menerima darah dari paru-paru
Memompa darah ke seluruh tubuh
D.
Menerima darah dari seluruh tubuh
Memompa darah ke paru-paru
E.
Menerima darah dari paru-paru
Memompa darah ke paru-paru
27.  Perhatikan sistem
pencernaan di samping !
Kelenjar yang menghasilkan getah yang mengandung NaHCO3 serta enzim lipase dan tripsinogen adalah ....
A. 1                                 C. 3                                         E. 5
B. 2                                 D. 4       
                               
28.  Pada manusia pemasukan udara pernapasan terjadi apabila ....
A.     otot antar tulang rusuk dalam dan otot diafragma
berkontraksi
B.     otot perut dan otot antar tulang rusuk luar berkontraksi
C.     otot antar tulang rusuk luar dan otot  diafragma berkontraksi
D.    otot diafragma berkontraksi dan otot antar tulang rusuk luar berelaksasi
E.     otot dinding perut dan otot diafragma berkontraksi                   
29.  Perhatikan skema pembentukan urin di bawah ini !
        Proses yang terjadi pada nomor 2 dan filtrat X secara berurutan adalah ....
A.     reabsorpsi dan urin primer
B.     reabsorpsi dan urin sekunder
C.     filtrasi dan urin primer
D.    filtrasi dan urin sekunder
E.     augmentasi dan urin sesungguhnya             
30.  Perhatikan gambar alat reproduksi pria di samping !
           
        Tempat pembentukan sperma dan bagian yang diikat apabila mengikuti program vasektomi secara berurutan adalah nomor ....
        A.    1 dan 2                                   D.    3 dan 4
        B.    2 dan 1                                   E.     4 dan 1
        C.    2 dan 4                    
31.  Hubungan yang tepat antara hormon dan fungsinya adalah ....
               
NAMA HORMON
FUNGSI
a.
Parathormon
Mempengaruhi proses metabolisme
b.
Tiroksin
Mengatur keseimbangan kalsium
c.
Gonadotrop
Mempengaruhi kerja kelenjar kelamin
d.
Prolaktin
Mempengaruhi kerja kelenjar anak ginjal
e.
Adenotrop
Mempengaruhi kerja anak gondok
KELAS XII
32.  Biji kacang hijau direndam dalam air selama 2 jam, lalu dipindahkan ke dalam wadah tertutup. Beberapa hari kemudian biji mengalami perkecambahan. Peran air pada proses perkecambahan biji tersebut adalah ....
A.     merangsang kerja auksin
B.     menyerap zat makanan dalam biji
C.     merangsang metabolisme embrio dalam biji untuk
tumbuh
D.    mengandung zat makanan untuk  pertumbuhan embrio
E.     menguraikan zat amilum dalam bij
33.  Perhatikan kerja enzim di bawah ini !   
Menurut grafik di atas dapat disimpulkan bahwa ....
A.     enzim akan menentukan arah reaksi
B.     jenis enzim sangat mempengaruhi kerja enzim
C.     enzim akan mempengaruhi kecepaatn reaksi
D.    kualitas produk yang dihasilkan sangat ditentukan
oleh enzim
E.     enzim akan mengurangi jumlah energi reaksi yang diperlukan                     
34.  Transport elektron yang berlangsung di dalam mitokondria, prosesnya akan berakhir setelah terbentuk H+ bereaksi dengan oksigen yang berfungsi sebagai akseptor terakhir dan akan membentuk ....
        A. CO2                                             D. FADH
        B. H2O                                             E. NADH
        C. asam piruvat                                   
35.  Dalam proses pembuatan tape ketan terjadi proses fermentasi. Urutan proses fermentasi di atas adalah ....
        A. tepung – gula – alkohol
        B. gula – alkohol – tepung
        C. tepung – alkohol – gula
        D. alkohol – gula – tepung
        E. gula – tepung – alkohol                    
36.  Perhatikan persamaan reaksi fotosintesis berikut ini
==>               
6CO2 +  6H2O                 C6H12O6 + X
        X yang dihasilkan pada reaksi fotosintesis di atas terbentuk pada tahap ....
        A.    fotolisis dari hasil penguraian H2O
        B.    fotolisis dari hasil penguraian CO2
        C.    fiksasi CO2 pada saat gelap
        D.    berlangsung fiksasi CO2
        E.     reaksi terang dari hasil gliseraldehid 3 P
37.  Bacalah pernyataan di bawah ini dengan seksama !
1.     dapat menduplikasikan diri pada saat membelah
2.     mengandung informasi genetik
3.     kadarnya berubah-ubah berdasakan intesis protein
4.     membentuk rantai tunggal yang panjang
        Ciri-ciri DNA adalah ....
                A. 1 dan 2                                              D. 2 dan 4
                B. 1 dan 3                                              E. 3 dan 4
                C. 2 dan 3
38.  Tahapan sintesis protein :
1.     Penempelan RNA polimerase pada molekul DNA
2.     Pergerakan RNA polimerase sehingga  dihasilkan
        rantai RNA
3.     Pemisahan rantai RNA dari template
4.     Penambahan senyawa kimia sehingga dihasilkan m
        RNA lengkap
Tahapan selanjutnya dari sintesis protein di atas  atau tahap ke 5  adalah ....
A.     pembuatan rangkaian asam amino yang dibawa oleh
t RNA
B.     m RNA selesai dicetak meninggalkan nukleus menuju sitoplasma
C.     pengenalan kodon AUG oleh subunit ribosom    kecil
D.    pemasangan subunit ribosom besar
E.     pengenalan kodon UAG oleh ribosom
39.  Warna bulu hitam pada kucing dikendalikan oleh gen H yang dominan terhadap gen bulu putih (h). Perkawinan dua ekor kucing menghasilkan keturunan dengan ratio fenotip hitam : putih = 1 : 1.
        Genotip kedua induk masing-masing adalah ....
        A.    HH dan HH                             D. Hh dan hh        
        B.    HH dan hh                             E.  hh dan hh        
        C.    Hh dan Hh                                
40.  Perhatikan gambar pembelahan sel yang memiliki 4 kromosom di samping !
        Berdasarkan susunan kromatid dan jumlah calon sel anak, gambar di atas menunjukkan fase ....
        A.    profase 1 meiosis                                D. telofase II meiosis
        B.    metafase II meiosis             E.  telofase mitosis
        C.    anafase mitosis                   
41.  Silsilah di samping menunjukkan menurunnya kelainan genetik haemofili.
        Dari kasus ini dapat kita
ketahui bahwa kedua
        tuanya adalah ....
        A.     ibu normal, ayah normal
        B.     ibu normal, ayah carrier
        C.     ibu carrier, ayah normal
        D.    ibu carrier, ayah carrier
        E.     ibu homozigot resesif, ayah normal                 
42.  Warna biji gandum merah ditentukan oleh M1 dan M2. Dari persilangan gandum merah sesamanya didapat keturunan dengan ratio 15 gandum biji merah dan 1 gandum biji putih. Genotip parental yang disilangkan di atas adalah ....
        A.     M1m1M2m2   x  M1m1m2m2
        B.     M1M1M2m2   x  m1m1M2m2
        C.     M1m1M2M2   x  m1m1M2m2
        D.    M1M1M2m2   x  M1m1m2m2
        E.     M1m1M2m2   x  M1m1M2m2
43.  Perhatikan gambar skema mutasi di bawah ini

        Berdasarkan gambar, mutasi yang terjadi adalah ....
A.     crossing over dan delesi
B.     delesi dan translokasi
C.     duplikasi dan katenasi
D.    delesi dan katenasi
E.     katenasi dan delesi
44.  Di bawah ini adalah gambar  kromosom bermutasi
Mutasi delesi dan inversi ditunjukkan kromosom ....
A. 1 dan 2                                      D. 2 dan 5
B. 1 dan 3                                      E. 3 dan 5
C. 2 dan 3
45.  Hardy dan Weinberg mengatakan keseimbangan gen dan genotip dari generasi ke generasi selalu tetap. Frekuensi berubah apabila ....
A.     emigran sama besar dengan imigran pada gen yang sama
B.     perkawinan antar individu tidak terjadi secara acak
C.     kemungkinan mutasi A à a a à A sama
D.    viabilitas dan fertilitas AA, Aa maupun aa sama
E.     populasi dalam suatu komunitas sangat besar                      
46.  Di bawah ini organ-organ tubuh berbagai jenis mahluk hidup :
        1.    tangan manusia                   4. sayap kupu-kupu
        2.    kaki depan anjing                5. sayap kelelawar
        3.    sayap burung
Homologi merupakan salah satu petunjuk adanya evolusi di muka bumi. Dari organ-organ di atas yang menunjukkan adanya proses homologi adalah ....
A.     1, 2 dan 3                              D. 2, 3 dan 4        
B.     1, 3 dan 4                              E. 3, 4 dan 5
C.     1, 3 dan 5
47.  Perhatikan gambar percobaan Spallanzani berikut ini !.
Gambar di atas menunjukkan wadah tertutup yang berisi air saringan kaldu dipanaskan. Air kaldu tampak jernih
dalam beberapa hari.
 Setelah tutup dibuka dan dibiarkan beberapa lama, air kaldu menjadi keruh dan mengandung mikroba. Hal ini
membuktikan bahwa ....
A.     air kaldu yang dipanaskan belum mematikan mikroba
B.     mikroba dalam air kaldu berasal dari udara 
C.     air kaldu keruh karena pemanasan terlalu lama 
 D.    air kaldu yang terbuka dapat berubah menjadi organisme
E.     mahluk hidup berasal dari benda mati

48.  Bioteknologi, tidak selalu aman bagi lingkungan. Tanaman hasil rekayasa genetik (transgenik), juga dikhawatirkan menimbulkan ancaman terhadap lingkungan karena ....
A.     membutuhkan banyak pestisida untuk  membunuh hama
B.     tanah menjadi tandus akibat pemakaian     pupuk kimia
        C.     bakteri dan jamur pembusuk meningkat  jumlahnya
D.    terjadinya pencemaran gen bila menyerbuki   tanaman sejenis
        E.     timbulnya wabah penyakit baru yang sulit   diobati
                                       
49.  Di suatu perkebunan membutuhkan tanaman yang memiliki kemampuan atau daya tahan terhadap serangan hama dan penyakit. Bioteknologi yang dapat dilakukan untuk memenuhi kebutuhan di atas adalah dengan membuat ....
A.     kloning transfer inti           D. kloning embrio
B.     tanaman transgenik           E. hibridoma
C.     kultur jaringan

50.  Bioteknologi dapat diterapkan untuk mengubah dan meningkatkan nilai tambah pangan, serta pembuatan sumber pangan baru dengan bantuan mikroba. Tabel berikut ini menunjukkan hubungan antara jenis mikroba dan produk bioteknologi yang dihasilkan.
        Manakah hubungannya yang tepat  di bawah ini ?
       

JENIS  MIKROBA
PRODUK MAKANAN / MINUMAN
A.
Acetobacter xylinum
Keju lunak
B.
Candida utilis
Tempe
C.
Rhizopus oligosporus
Protein sel tunggal
D.
Lacobacillus bulgaricus
Yoghurt
E.
Penicillium camemberti
Nata de cocco

 CATATAN
Soal-soal di atas diambil dari berbagai sumber, sebagai bahan bagi para guru yang berminat
untuk latihan siswa SMA Indonesia.